Sindang Jati Multikultural Dalam Bingkai Moderasi

Sindang Jati Multikultural Dalam Bingkai Moderasi

ISBN : 978-623-92481-8-5

Tim Penulis :

Dr. Rahmad Hidayat, M. Ag, M. Pd, Dr. Beni Azwar, M.Pd.Kons, Dr. Hendra Harmi, M. Pd. I, Dr. Sumarto, M. Pd. I, Dr. Deriwanto, M. Pd. I, Mirzon Daheri, MA. Pd.

Pengarah :

Dr. Suwendi, M.Ag (Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat DIKTIS Kementerian Agama RI)

Sinopsis Buku :

Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi adalah desa dengan kekayaan budaya, dalam Buku ini kita bisa menemukan, bagaimana setiap aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat selalu saling membantu, bahu – membahu, bergotong royong dalam membangun desanya walaupun di atas keberagaman yang ada, tidak hanya keberagaman budaya, tetapi keberagaman agama, yaitu ada penganut agama Islam, penganut agama kristen katholik, penganut agama Kristen protestan dan penganut agamat Buddha, kita juga menjumpai tempat – tempat ibadah yang dibangun secara bersama – sama partisipasi dari beda agama, menunjukkan hubungan social yang baik.

Berdasarkan data jumlah pemeluk agama Islam 1159 orang, penganut Katolik 276 orang, 5 orang Kristen Protestan dan 93 orang penganut Budha. Ada berbagai tempat peribadatan. Ada 3 masjid dan 4 mushollah, 1 Vihara dan 1 Gereja dengan jarak yang cukup berdekatan. Tempat ibadah ini didirikan masyarakat secara gotong royong. Pemeluk agama yang berbedapun ikut andil memberikan sumbangsih materi dan ikut bekerja gotong royong dalam pembangunan tempat ibadah yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman dalam aspek agama di Desa Sindang Jati tidak terjadi begitu saja, tetapi sudah mengalami banyak generasi sebelumnya yang memang dalam kondisi keberagaman. Ada consensus yang terjadi secara alami dan original society di Desa Sindang Jati, sehingga walaupun keberagaman itu ada tetapi menjadi kekuatan yang besar untuk saling membantu dan memberikan dukungan. Seperti di sebutkan sebelumnya, bahwa rumah ibadah di Desa Sindang Jati, di bangun tidak hanya partisipasi dari ummat agamanya sendiri tetapi adanya partisipasi bantuan dari penganut agama yang lain.

Struktur pemerintahan Desa juga menunjukkan keberagaman, perwakilan tokoh agama berperan aktif dalam membangun Desa, salah satunya di Desa Sindang Jati terdapat salah satu wisata yang di bangun oleh masyarakat yaitu wisata air terjun Desa Sindang Jati, tempatnya bisa menjadi salah satu destinasi dalam berwisata di Kabupaten Rejang Lebong selain ada wisata Danau Mas, Kebun Teh, Kebun Sayur Mayur, Bunga Kibut, Pemandian Air Panas Suban dan objek wisata yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa Desa Sindang Jati walaupun dengan keberagaman yang ada tetapi mampu menghasilkan potensi desa dengan maksimal dan bisa menjadi alternative mata pencaharian masyarakat.

Buku yang di hadirkan kepada kita ini adalah kajian dari hasil penelitian di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi dengan uraian data – data dari peneliti tentang multikulturalisme dalam bingkai moderasi, yang beberapa bagiannya banyak membahas tentang bagaimana bentuk – betuk perilaku yang ada dalam masyarakat walaupun adanya keberagaman, bagaimana peran tokoh – tokoh masyarakat menjaga kerukunan ummat beragama, bagaimana proses consensus yang terjadi antara masyarakat mulai dari generasi terdahulu terjaga sampai sekarang untuk merawat keberagaman menjadi kekuatan dengan rasa kekeluargaan dan wujud dari nilai – nilai bhineka tunggal ika yang ada dalam ideologis kebangsaan yaitu Pancasila. Selamat Membaca.

Download Buku :

[FINAL BUKU] Sindang Jati Multikultural Dalam Bingkai Moderasi (1)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *