Pembelajaran Berbasis Riset

Proses Pembelajaran Berbasis Riset yang diterapkan di Pascasarjana IAIN Curup adalah model pembelajaran yang mengharuskan setiap mahasiswanya melakukan kegiatan riset atau mini riset dalam proses perkuliahan. Sehingga mahasiswa di arahkan kepada proses lapangan yang sebenarnya tentang realitas yang ada, sehingga bisa memadukan antara kajian teori dengan realitas yang ada, sehingga lebih aplikatif dan produktif dalam mengembangkan keilmuan yang ada di setiap program studi.

  1. Pembelajaran berbasis riset (PBR) merupakan salah satu metode student-centered learning (SCL) yang mengintegrasikan riset di dalam proses pembelajaran.
  2. PBR bersifat multifaset yang mengacu kepada berbagai macam metode pembelajaran.
  3. PBR memberi peluang/kesempatan kepada mahasiswa untuk mencari informasi, menyusun hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan atas data yang sudah tersusun; dalam aktivitas ini berlaku pembelajaran dengan pendekatan “learning by doing”.
  4. PBR menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Mahasiswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.
  5. PBR menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.
  6. PBR dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan mahasiswa dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *