Perkuliahan di Pascasarjana IAIN Curup

Perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran berbasis riset (PBR) sebagaimana sudah di jelaskan sebelumnya mengenai pengertian, konsep sampai kepada strategi dalam penerapannya. Tentunya untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran berbasis riset harus melakukan hal berikut ini :

  1. Fokus pada kurikulum, diorganisir dalam seputar pertanyaan yang akan membawa mahasiswa pada pemahaman konsep,
  2. Fokus pada proses constructive investigation yang melibatkan proses pencarian data,
  3. Menganalisis data dan membangun 6 sebuah kesimpulan sebagai pengetahuan baru yang diperolehnya,
  4. Mahasiswa bertanggung jawab untuk merancang pekerjaan dan melaksanakannya dalam sebuah aktifitas yang sangat independen, dan authentic, yakni fokus pada data yang benar-benar ada dalam kenyataan

Pembelajaran dengan riset seperti ini, tidak akan memerlukan tatap muka penuh dalam satu semester, tapi beberapa tatap muka menjadi bagian dari proses riset, karena berbagai teori yang seharusnya mereka pelajari dalam tatap muka di kelas, justru akan mereka pelajari di perpustakaan dalam proses penyampaian rancangan riset mereka, atau justru dalam proses analisis data untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang makna data yang mereka dapatkan di lapangan. Belajar dengan model RBL atau PBL ini akan mengefisiensikan waktu belajar, karena terintegrasi dalam proses riset, dan akan semakin efektif karena mereka temukan sendiri teori yang mereka pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *