PERSIAPAN ASESMEN LAPANGAN SECARA DARING PRODI HKI S2

Persiapan Asesment Lapangan secara Daring Prodi HKI S2 sudah dilakukan sejak lama, yaitu sejak proses operasional atau kegiatan pembelajaran di mulai. Proses kegiatan prodi HKI S2 berdasarkan standar akreditasi pada waktu itu masih penerapan 7 standar, yang meliputi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan asesmen lapangan kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena bahaya virus corona, kegiatan asesmen lapangan dilakukan secara daring. Sesuai dengan panduan yang disampaikan oleh BAN PT yaitu : terhitung sejak Maret 2019 kunjungan ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi COVID – 19. Selama masa darurat COVID-19 Pemerintah menetapkan kebijakan physical distancing dan pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran COVID – 19. Melihat kondisi di atas, merujuk pada ketentuan dalam Pasal 1 angka 1 Peraturan BAN-PT Nomor 5 Tahun 2020, maka DE BAN-PT mengambil langkah untuk melaksanakan Asesmen Lapangan secara Daring.

Ketua Prodi HKI S2 Dr. Hasep Saputra menyampaikan, Prodi HKI S2 sudah melakukan transformasi dalam pemaknaan perubahan untuk perbaikan sehingga bisa mendapatkan hasil akreditasi yang maksimal dan hal ini menjadi informasi terbaik yang ditunggu oleh civitas akademika Pascasarjana IAIN Curup. Persiapan akreditasi di dampingi selalu dari Tim pengelola Pascasarjana dan LPM IAIN Curup.

Direktur Pascasarjana Dr. Fakhruddin, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Beni Azwar, M.Pd. Kons (memberikan arahan dan saran kepada tim persiapan akreditasi), Prodi HKI S2, Gugus Mutu dan LPM IAIN Curup melakukan beberapa rapat untuk pemantapan asesmen lapangan secara daring prodi HKI S2. Diantaranya dalam pemenuhan beberapa dokumen pendukung dalam asesmen, yaitu Situasi Akademik LPM atau dokumen lainnya yang berhubungan dengan AL HKI di link melalui website pasca, Foto Balai Kesehatan, Akses Learning TIPD, Portal Akademik Mahasiswa (disiapkan) dan Dosen, Penelitian yang menunjang Renstra, Renop Institut, Dampak penelitian dosen terhadap kesejahteraan masyarakat (bukti dokumen), Penelitian yang di biayai oleh Luar negeri, Artikel penelitian yang di sitasi lembaga Internasional (jumlahnya), Pengabdian kepada masyarakat (Ditambahkan), Dampak PKM (bukti dokumen) monev, Rekapitulasi Dana PKM, Bukti MoU Dalam dan Luar Negeri dan ketersesuaian dengan prodi, Monitoring dari MoU, Menambahkan HAKI hasil PKM dan PKM bersama mahasiswa.

Asesmen lapangan secara daring Prodi HKI S2 akan dilaksanakan oleh pada tanggal 23 – 24 September Via Zoom dengan Asesor dari BAN PT yaitu Prof. Dr. Phil. Asep Saepudin Jahar, MA – Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah  dan Iskandar Ritonga, Dr., M.Ag. – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Harapannya hasil yang terbaik untuk prodi kita yaitu prodi HKI S2 sehingga menjadi semangat akademik, semangat berinovasi dan perbaikan yang berkelanjutan, alumni dapat diterima di berbagai lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan yang tentunya sangat berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara. (Sumarto)

Dokumen Kegiatan Persiapan Asesmen Lapangan SecaraDaring Prodi HKI S2.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *