Renstra Pascasarjana IAIN Curup

Pascasarjana merupakan program Magister yang membantu masyrakat dalam  pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pascasarjana yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia mempunyai tujuan agar aspek-aspek keislaman dapat terintegrasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan pada program magister maupun level pendidikan lainnya. Setiap perguruan tinggi telah membuka program Pascasarjana, begitupun STAIN Curup yang mulai mengembangkan Program Magister sejak tahun 2014. Dalam proses pelaksanaannya, Sekarang sudah bertransforme menjadi Pascasarjana IAIN Curup mengalami tantangan ataupun hambatan. Hal ini disebabkan oleh  faktor internal dan faktor external. Faktor internal mencakup terbatasanya sumber daya manusia dan fasilitas yang dimilki, sedangkan faktor externar mencakup persaingan kampus yang semakin ketat dan masih terbatasnya hubungan kerja sama dengan pihak yang terkait. Sekarang ini, pascasarjana dituntut untuk memberikan pelayanan prima baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Dengan adanya pelayanan yang baik dalam bidang akademik dan non-akademik, maka Pascasarjana STAIN Curup mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan terpakai oleh pihak pengguna lulusan.

Pascasarjana IAIN Curup telah mengalami perubahan yang cukup signifikan sejak tahun 2015 hingga 2019 ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan program studi baru yang semula hanya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam dan sekarang bertambah menjadi tiga program studi antara lain; Manajemen Pendidikan islam, Pendidikan Agama Islam, dan Hukum keluarga Islam. Selain itu, Pascasarjana STAIN Curup semakin meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya tantangan dan perubahan yang dihadapi oleh Pascasarjana IAIN Curup, maka Pascasarjana STAIN Curup harus lebih memberikan inovasi dalam pengembangan akademik dan kelembagaan.  Dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang ada, maka Pascasarjana IAIN Curup perlu merencanakan strategis untuk menjawab tantangan dan peluang.

Rencana Strategi Pascasarjana IAIN Curup akan memberikan panduan kepada pihak Pascasarjana dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyrakat yang mengarah pada peningkatan kualitas Pascasarjana IAIN Curup yang sesuai dengan visi dan misi IAIN curup dan Pascasarjana IAIN curup. Tujuan dari penyusunan Rencana Strategi Pascasarjana IAIN Curup yaitu untuk memperbaiki pendidikan, penelitian, pengabdian masyrakat dan manajemen kelembagaan ke arah yang lebih baik.

Untuk menjamin tercapainya rencana strategi Pascasarjana IAIN Curup, maka diperlukan kerjasama antara dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat. Pelibatan dilakukan dengan membagi pada aspek internal (mencakup dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa) dan aspek eksternal (mencakup alumni, pengguna lulusan, pemerintah: Kopertis, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupten/Kota; pengguna lulusan: industri, sekolah, LSM; dan Persyarikatan Muhammadiyah). Aktivitas yang digunakan dalam menjaring informasi adalah temu alumni, hearing mahasiswa, rapat koordinasi dosen dan tenaga kependidikan, seminar dengan narasumber dari stakeholder, dan tracer study alumni. Hasil dari pengumpulan informasi ini digunakan untuk melakukan analisis dan evaluasi dengan menggunakan pendekatan SWOT analysis. Selanjutnya hasil ini digunakan sebagai dasar perencanaan 5 tahun ke depan.

Adapun strategi yang digunakan dalam melakukan proses perencanaan strategi Pascasarjana IAIN Curup yaitu menggunakan pola top-down atau bottom-up. Hal ini dilakukan karena pascasarjana IAIN Curup harus tetap berkoordinasi dengan rektorat dan jurusan-jurusan yang ada di IAIN Curup. Proses top-down dilakukan dengan acuan perencanaan strategis IAIN sasaran mutu IAIN dan capaian tahunan organisasi sebagai laporan tahunan ketua. Proses bottom up dilakukan dengan menggunakan acuan evaluasi diri program studi dan inisiatif-inisiatif pengembangan ke depan program studi. Perencanaan Strategis dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan yang melibatkan berbagai unsur baik dari Pascasarjana, rektorat, program studi dan unit terkait. Draft awal Draft awal disampaikan ke berbagai pihak untuk memperoleh klarifikasi, penajaman, dan kesesuaian dengan kondisi yang diharapkan di masa depan. Perbaikan draft dilakukan bersama kaprodi. Perbaikan draft akhir menghasilkan naskah perencanaan strategis program Pascasarjana 2019 – 2045.