Pendidikan Agama Islam

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (M.Pd)

Ketua Program Studi PAI

Dr. Sutarto, M.Pd

Visi :

Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah “Unggul dalam Pembelajaran PAI berbasis riset pada tingkat nasional pada tahun 2031

Misi :

  1. Mengembangkan proses pembelajaran tingkat Magister yang memiliki kompetensi dalam bidang pembelajaran Agama, pengembangan kurikulum serta pengelolaan lembaga pendidikan berbasis riset dan teknologi pendidikan.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi pendidikan untuk melahirkan sarjana tingkat Magister yang memiliki kemampuan instrumentatif dan model teoritik dalam bidang pembelajaran dan pengelolaan pendidikan.
  3. Memiliki kemampuan teknis dalam mengembangkan model evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pendidikan dengan penguasaan berbagai instrumen yang relevan sehingga keterampilan dan kemampuan berdaya guna baik bagi sekolah/madrasah atau institusi tempat mereka bekerja maupun untuk perbaikan sektor pendidikan secara lebih besar dalam skala daerah, regional atau nasional.
  4. Membekali kemampuan dalam ilmu pendidikan, ilmu agama islam, ilmu sosial, humaniora maupun berbagai model penelitian kebijakan yang relevan.

Tujuan :

  1. Tercapainya hasil pembelajaran pada Program Studi di bidang Pendidikan Agama Islam yang beriman, bertaqwa, berakhlak terpuji, profesional, dan mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional.
  2. Tercapainya hasil pembelajaran pada Program Studi di bidang Penelitian berupa Riset dan Karya Ilmiah berbasis teknologi pendidikan di bidang Pendidikan Agama Islam terkini untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu, pendidikan serta pemecahan masalah pembelajaran berbasis teknologi kepada masyarakat.
  3. Tercapainya hasil pengembangan kondusif dalam tata kelola yang lebih otonom, sehat, berbasis teknologi informasi dan menjadi institusi nasional yang memiliki daya saing tinggi.
  4. Terjalinnya kerjasama pengembangan institusional, pendidikan dan penelitian baik pada tingkat regional, nasional, maupun pada tingkat internasional untuk mempercepat pencapaian visi/misi.

Profil Lulusan :

  1. Tenaga Pendidik
  2. Peneliti
  3. Pengawas
  4. Tenaga Kependidikan
  5. Praktisi Pendidikan
  6. Konsultan