Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Visi : Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Program Pascasarjana IAIN Curup adalah :

‘Menjadi Program  Studi Unggul dalam mengembangkan ilmu Bimbingan Konseling Pendidikan Islam berbasis  Multikultural, sehingga mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2045”

Misi :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran dan penelitian bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang berorientasi pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis multikultural.
  2. Mengembangkan ilmu Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam melalui penelitian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bimbingan Konseling Pendidikan Islam untuk membantu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mendukung pengembangan pribadi mahasiswa menjadi ilmuwan yang berjiwa pendidik, peneliti, pengembang ilmu pengetahuan, dan peduli pada kepentingan masyarakat dan negara
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam negeri dan luarnegeri yang menunjang pengembangan program Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.

Tujuan Program Studi Bimbingan Konselimg Pendidikan Islam (BKPI) pada Program Magister (S2) Pascasarjana IAIN Curup adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang ahli di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlakul karimah, memiliki keperibadian yang baik dan memiliki kemampuan level 8 di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah berbasis riset dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
  3. Menwujudkan tata kelola Program Studi yang sesuai dengan prinsip Good University Governance.

Profil Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam jenjang Magister (S2) adalah akademisi, peneliti, praktisi, dan supervisor Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang mampu mengembangkan teori-teori Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keahlian dan keilmuan yang multikultural serta menghasilkan karya kreatif, inovatif, dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner serta terpublikasikan dan memperoleh pengakuan nasional dan internasional.